ads
ads
ads

Trend Investasi Emas Selama Corona

ads

Tjiniki.com,- Kian tingginya ketidakpastian global di masa pandemi covid-19 turut menjadi sentimen pendongkrak harga emas dunia hingga mampu menyentuh level USD 2.000 per troy ounces.

Hal ini juga yang membuat investor menjadikan emas sebagai aset investasi safe haven. Emas merupakan instrumen dan produk jangka panjang untuk pembiayaan secara permanen..

Di masa pandemi, fluktuasi emas memang tidak menentu apalagi ditengah situasi dan kondisi ekonomi yang kurang baik di beberapa negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Oleh karena itu, perkembangan emas bisa jadi salah satu instrumen finansial yang mumpuni meskipun perlu dimulai dari yang termurah atau 0,5 gram bilamana mau membeli emas batangan atau dari emas perhiasan yang berhiaskan 12 karat.

Dalam penggunannya, emas yang sering dipakai adalah jenis emas perhiasan dan emas batangan. Emas perhiasan biasanya berupa cincin, gelang, dan anting. Sementara emas batangan diukur dari per gram dari 0,5 gram sampai yang terbesar 1000 gram.

Selama pandemi corona, investasi emas memang sedang menjadi trend di masyarakat. Selain karena faktor harga, mudahnya proses membuka tabungan emas juga menjadi pendorong meningkatnya investasi ini.

Sebelum memulai rencana investasi emas, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu berapa harga emas. Apakah saat ini memang situasi yang tepat untuk berinvestasi menggunakan emas, meskipun harganya sedang naik.

Dikutip dari situs logam mulia laman perdagangan Antam, Sabtu (21/11/2020). Harga emas Antam naik Rp 4.000 per gram. Harga emas Antam naik ke level Rp 977.000 per gram.

Harga pembelian kembali atau buyback emas Antam hari ini juga naik Rp 5.000 ke level Rp 855.000 per gram. Harga buyback ini berarti, jika Anda ingin menjual emas, maka Antam akan membelinya dengan harga emas tersebut.

Harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Bila ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka bawa NPWP saat transaksi.

Setelah mengetahui harga emas, tidak ada salahnya untuk memulai berinvestasi. Menyiapkan tabungan jika saja kembali menghadapi situasi pandemi seperti tahun ini.

Keuntungan emas adalah produk ini tidak akan surut secara nilai karena nilainya yang cenderung naik dan aman serta mudah untuk disimpan dalam bank atau secara online jika kita menabung dalam emas non-fisik atau emas digital.

ads

Komentar